STASIUN KERNEL

Hasil dari stasiun press adalah crude oil dan press cake yang terdiri dari fiber dan nut. Fiber harus dipisahkan dari nut untuk persiapan proses pemecahan di ripple mill agar diperoleh efisiensi pemecahan yang tinggi (minimal 95%) dengan kernel pecah (broken kernel) rendah.

Mesin - mesin dan peralatan di stasiun kernel, yaitu :

Depericarper

Berfungsi untuk memisahkan antara biji ( nut ) dengan serabut / ampas (fiber) sehingga biji yang keluar dari drum depericarper benar - benar bersih dari serabut / ampas ( fiber ). Di dalam depericarper ini terdapat penghisap dan dibantu oleh fiber cyclone untuk menghisap fiber yang ringan menuju fuel conveyor sebagai bahan bakar untuk ketiga unit boiler, sedangkan nut yang masih bercampur dengan batu - batu kecil yang lebih berat akan jatuh ke bawah dan masuk ke nut polishing drum.

Nut Polishing Drum

Batu - batu kecil beserta nut akan diaduk-aduk di nut polishing drum yang berputar. Sehingga nut dan batu-batu kecil akan jatuh ke bawah melalui lubang - lubang yang terdapat pada permukaan nut polishing drum yang berdiameter sekitar 7 cm, sedangkan fiber - fiber yang tidak terhisap di depericarper dan ikut jatuh ke nut polishing drum akan tertahan dan keluar dari nut polishing drum menuju ke tempat pembuangan akibat putaran dari nut polishing drum tersebut. Nut dan batu-batu yang jatuh ke bagian bawah nut polishing drum, akan didistribusikan oleh nut inclined conveyor menuju ke destoner column.

Destoner Coulumn

Dari destoner column, kemudian dipisahkan antara batu-batu dengan nut. batu - batu yang lebih berat jatuh ke bawah, sedangkan nut nya masuk ke bagian ripple mill.

Ripple Mill

Sebelum masuk ke ripple mill, nut akan ditampung di nut hopper terlebih dahulu.
Ripple Mill terdiri dari :
a. Rotor Bar
Bagian alat yang bergerak terdiri dari batang-batang besi sebagai alat pemecah nut
b. Ripple Plate
Bagian alat yang diam terdiri dari plat yang bergerigi sebagai landasan nut agar proses pemecahannya bagus.
Ripple mill berfungsi untuk memecah biji ( nut ) yang sudah matang setelah proses sterilisasi. Di ripple mill nut akan dipecah oleh rotor bar di atas ripple plate sehingga kernel terlepas dari shell-nya. Namun tidak semua kernel yang berhasil dipisahkan dari shellnya di ripple mill ini misalnya ada nut yang berukuran kecil yang sulit untuk dipecahkan.

Cracked mixture conveyor and elevator

Berfungsi menghantar dan mengangkat biji setelah dipecah ripple mill dan menjadi kernel bercampur cangkang ( shell ) untuk diproses selanjutnya.
3.7.6 Light tennera distributing separator ( LTDS )
Berfungsi untuk memisahkan campuran antara kernel dan shell dengan menggunakan system perbedaan berat antara kernel dan shell. Kernel yang utuh akan jatuh ke wet kernel konveyor, sedangkan kernel yang pecah yang masih menyatu dengan shell masuk ke LTDS2. Dan shell yang sudah terlepas dari kernel dihisap ke atas menuju fuel banker.

Sawi Pack

Berfungsi sebagai tempat penampungan biji setelah dari LTDS dan Di dalam sawi pack ini biasanya masih terdapat sisa shell yang tidak ikut terhisap di LTDS. Untuk memisahkan antara nut dan shell maka digunakan claybath.

Claybath

Berfungsi untuk memisahkan antara kernel dan shell dari cracked mixture (sistem LTDS) dengan menggunakan campuran air, kalsium karbonat ditambah tanah merah untuk proses pemisahannya.
Claybath menggunakan prinsip kerja pemisahan berdasarkan perbedaan specific gravity antara shell dan kernel. campuran kalsium karbonat mempunyai specific grafity (SG) 1,13 – 1,15. Karena SG kernel < SG kalsium karbonat, sedangkan SG Shell > SG kalsium karbonat. maka kernel akan terapung dan shell akan tenggelam.
kernel yang memiliki SG lebih rendah dari SG CaCO3 terapung di permukaan dan akan masuk ke Vibrating Screen Kernel. Selanjutnya kernel masuk kedalam vibrating screen dan air kapur akan masuk kembali ke Drum Claybath selanjutnya kernel akan dibawa oleh wet kernel conveyor ke drier silo atau ke kernel tray drier.
Sedangkan shell yang SG nya lebih besar dari SG CaCO3 akan tenggelam dan masuk Vibrating screen Shell selanjutnya dibawa oleh shell conveyor ke tempat pembuangan.

Wet kernel conveyor and kernel elevator

Berfungsi untuk menghantar kernel ke hopper kernel elevator dan dari kernel elevator diangkut untuk dinaikkan dan dimasukkan ke silo drier.

Silo drier

Untuk memanaskan kernel dari claybath dan LTDS dengan memakai udara panas yang dihasilkan dari alat pemanas ( heater ) sehingga kadar air (moisture) kernel berkurang. Standar moisture kernel adalah 7%. Temperatur pemanasan di silo drier ini berkisar antara 60oC sampai dengan 85oC.

Dry kernel conveyor dan dry kernel elevator

Berfungsi untuk menghantar kernel yang telah dipanaskan dari silo drier menuju ke bulk silo.

Bulk silo

Kernel yang telah dipanaskan dari silo drier selanjutnya dikirim ke bulk silo dengan bantuan dry kernel elevator.Disini kernel akan disimpan sementara menunggu pengangkutan untuk dipasarkan.

0 komentar: