STASIUN PRESS

Stasiun press adalah stasiun tempat pengolahan buah sawit yang telah masak untuk dipress, dengan tujuan mengambil minyak dari buah sawit tersebut.

Proses Pemisahan Tandan dan Buah Sawit di Thresser

Di stasiun press, tepatnya di thresser TBS yang telah lunak setelah disterilisasikan akan dipisahkan antara brondolan buah dengan tandannya dengan sistem pemutaran TBS. Brondolan buah yang tentunya memiliki ukuran yang lebih kecil akan jatuh ke fruit elevator melalui permukaan bawah unit thresser yang berlubang - lubang kecil, sedangkan ukuran tandan yang besar akan tertahan di permukaan tersebut dan disalurkan ke tempat penimbunan tandan kosong melalui empty bunch conveyor dan siap untuk digunakan sebagai pupuk.

Proses Pengupasan Buah Sawit di Digester

Brondolan buah sawit yang diangkut fruit elevator tadi akan dibawa menuju digester. Digester berfungsi untuk mengupas brondolan agar daging buah terlepas dari nut dengan bantuan parang-parang (long and short arm) dan suhu panas (50 oC – 95oC). Di dalam digester ini, buah akan diaduk-aduk oleh sejumlah pisau sehingga buah - buah tersebut akan saling bertabrakan dan tercacah - cacah. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses penekanan buah di unit selanjutnya.

Proses Pemisahan Fiber, Nut, dan Oil di Press

Setelah buah dicacah, buah akan masuk ke dalam screw press tepatnya di press cage untuk ditekan oleh cone hydraulic dengan tekanan 45 - 60 bar . Proses penekanan ini menghasilkan minyak ( oil ) sekaligus memisahkan ampas yang terdiri dari fiber beserta nut. Minyak akan menuju ke oil gutter / saluran minyak, sedangkan fiber dan nut akan menuju cake breaker conveyor ( CBC ).

0 komentar: