STASIUN STERILISASI

Sterilizer adalah suatu alat untuk mensterilisasikan TBS/Buah sampai masak dengan menggunakan steam dari BPV (Back Pressure Vessel) untuk diproses lebih lanjut, masak atau mentahnya hasil perebusan buah sangat menentukan untuk stasiun lainnya. (Misal : Stasiun Press, Stasiun Kernel, dst.)

Tujuan perebusan buah adalah sebagai berikut :

1. Mematikan / menonaktifkan enzim-enzim seperti enzim lipase agar kandungan FFA (Free Fatty Acid) tidak naik.

2. Memudahkan lepasnya brondolan dari tandan pada saat proses pelepasan dari tandan di tresher.

3. Untuk melunakkan daging buah sehingga buah mudah lumat pada saat diproses di digester dan press.

4. Untuk mengeringkan nut/ biji buah sawit sehingga shell/cangkang mudah terlepas dari kernel pada saat diproses ripple mill.

Sistem sterilisasi di sterilizer dibagi menjadi tiga (3) sistem, tergantung dari kondisi buahnya yaitu :

a. Sistem Sterilisasi Satu Puncak (Single Peak)
Sistem sterilisasi satu peak digunakan untuk mensterilisasi buah yang busuk, ini dikarenakan buah busuk itu dagingnya sudah lunak, jadi jika disterilisasi dengan cara biasa buah akan lumat di dalam sterilizer, dan minyaknya akan keluar dan tercampur dengan air yang akan dibuang melalui valve condensate.

b. Sistem Sterilisasi Dua Puncak (Double Peak)
Sistem sterilisasi dua puncak digunakan untuk mensterilisasi buah dengan kualitas buah yang terlalu masak (Over Ripe). Jadi proses sterilisasi dipersingkat, karena pada dasarnya buah sudah masak dan sudah cukup lunak.

c. Sistem Sterilisasi Tiga Puncak (Triple Peak)
Sistem sterilisasi tiga puncak digunakan untuk mensterilisasi buah dengan kualitas buah normal. Buah normal inilah yang memerlukan perlakuan tiga kali peak sterilisasi, agar hasil keluaran buah dari sterilizer baik Yaitu enzim-enzim pada buah telah mati, FFA tidak tinggi, dan buahnya telah lunak.

Critical Safety Device (CSD) pada stasiun Sterilisasi :

a.Safety Valve

b.Interlock System

1 komentar:

abrahsalavia mengatakan...

Wynn Resorts files plans for 50000-square foot casino - JAM Hub
(JAM Hub) -- The Wynn 제주도 출장안마 Resorts 천안 출장샵 is in the midst of rebranding, expanding its 양산 출장안마 Las Vegas presence into an ever-growing destination for high 속초 출장안마 rollers. 평택 출장안마