LOADING RAMP


Tahapan pengangkutan buah dilakukan di Stasiun Loading Ramp. Stasiun loading ramp ini terdiri dari mesin-mesin dan peralatan sebagai berikut :

Loading Ramp

Fungsi dari loading ramp adalah sebagai tempat untuk menerima tandan buah segar (TBS) dari estate. Loading ramp memiliki pintu, Pintu ini berfungsi sebagai tempat masuknya buah kelapa sawit (TBS) dari bagian grading menuju ke lori buah dengan menggunakan prinsip FIFO (First In, First Out).

Lori Buah

Lori buah adalah alat untuk mengangkut buah sawit (TBS) menuju proses sterilisasi. Fungsi dari lori buah adalah sebagai tempat untuk memuat buah (TBS) yang akan diproses di stasiun sterilizer.

Rail Track

Fungsi dari rail track adalah jalur yang akan dilewati oleh lori buah. Jalur ini harus dalam keadaan bersih, baik dari minyak buah yang terjatuh dan tanah. Karena hal ini dapat menyebabkan lori buah tergelincir dari railnya atau berat saat ditarik dengan capstand.

Transfer Carriage

Fungsi transfer carriage adalah untuk memindahkan lori-lori buah dari satu jalur Rail Track ke jalur rail track lainnya. Kapasitas transfer carriage ini didesain untuk dapat membawa sebanyak 3 lori.

Capstand

Fungsi dari capstand ini adalah untuk menarik lori buah dengan menggunakan tali yang dililitkan di bollard.

0 komentar: